Enam Puluh Tewas Dalam Penyerbuan Kembang Api Tahun Baru di Pantai Gading

By venkknalpotz on 19.56.00

Filed Under:

Tahun 2013 diantar dengan banyak gembar-gembor, pesta dan kembang api spektakuler di seluruh dunia. Dari Sydney dan Hong Kong ke Dubai, London dan New York, jutaan orang berkumpul di jalan-jalan untuk menyaksikan kembang api warna-warni yang menerangi langit untuk menandai awal tahun kalender baru. 

Namun, dini hari Tahun Baru melihat bangsa di Afrika Barat terjun ke dukacita hina ketika penyerbuan dan kekacauan yang dihasilkan diklaim lebih dari 60 nyawa di
Pantai Gading kota terbesar dan ibukota ekonomi, Abidjan.

Menurut laporan yang muncul dari negara berduka, ribuan orang telah berkumpul di Stadion Felix Houphouet Boigny di lingkungan Plateau untuk melihat kembang api Tahun Baru. Setelah perayaan itu selesai, orang-orang mulai meninggalkan stadion sementara yang lain gerombolan revelers mulai berdatangan. Segera ada kepanikan di mana ratusan orang tercekik atau diinjak-injak. BBC melaporkan bahwa banyak dari korban adalah anak-anak muda berusia antara delapan dan 15. 

Hal-hal yang tidak tertolong dengan kedatangan akhir dari tim penyelamat. Orang mati termasuk 28 perempuan, 26 anak-anak dan enam laki-laki, sementara lebih dari 200 orang terluka. Penyebab pasti dari penyerbuan masih belum diketahui meskipun korban yang menyalahkan make-pergeseran barikade yang ditempatkan di jalan-jalan untuk alasan keamanan. Laporan media juga menyalahkan pada kelompok pencuri bersenjata yang menyambar ponsel dan barang berharga lainnya dari orang-orang yang meninggalkan stadion, memicu kepanikan massal dan kekacauan.

Hari pertama Tahun Baru di Pantai Gading melihat keluarga bingung mencari orang yang mereka cintai di rumah sakit dan kamar mayat sementara darah, pakaian dan sepatu tetap berserakan di jalan-jalan Abidjan di lokasi penyerbuan. Pantai Gading Alassane Ouattaraha Presiden telah menyatakan tiga hari berkabung nasional setelah insiden tragis dan berjanji untuk menyelidiki penyebab tragedi tersebut. 

The Felix Houphouet Boigny Stadion, dinamai setelah presiden pertama negara itu, tidak asing dengan insiden tragis tersebut. Pada bulan Maret 2009, selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Pantai Gading dan Malawi, ada kematian dan cedera ratusan penonton di arena yang sama ketika salah urus dan kepadatan penduduk telah menyebabkan kepanikan.

Pantai Gading telah memiliki sejarah panjang kerusuhan sipil dan gejolak politik. Pemerintah baru telah menyelenggarakan perayaan Tahun Baru dan kembang api untuk merayakan perdamaian di Pantai Gading, setelah beberapa bulan kekerasan politik menyusul pemilihan yang diperselisihkan pada tahun 2011. Hal ini sangat tragis bahwa perayaan gembira berubah menjadi seperti tragedi yang mengerikan untuk perayaan banyak keluarga marring Tahun Baru di Pantai Gading.

0 komentar for this post

Posting Komentar